Bakat, talent, bakat musikalis ?

Bakat adalah sesuatu kemampuan yg sudah ada dalam diri seseorang yg diberikan oleh Tuhan atau sudah ada dari lahir. Misalnya bakat menggambar, bakat menyanyi, bakat bermain musik, bakat menjahit dll.

Bakat musikalis adalah kemampuan seseorang dalam bidang musik.

Tapi bakat musikalis dan bakat yg lain bisa dibedakan dengan bermacam2 tingkatan. Ada bakat tingkat rendah: orang itu ada bakat, tp hanya sedikit. Bakat tingkat menengah, bakat tingkat tinggi dan bahkan tinggi sekali misalnya, anak kecil yg baru beberapa bulan belajar musik bermain biola, bisa cepat sekali memainkan satu lagu yg panjang dengan teknik yg susah dan tentu saja dengan suara yg bagus. Jadi anak itu termasuk mempunyai bakat tingkat tinggi atau yg bisa juga disebut „anak ajaib”. Karena jarang sekali orang yg mempunyai bakat tingkat tinggi. Sedangkan bakat itu sendiri tidaklah jarang di diri setiap manusia, melainkan hampir semua orang punya bakat (dr berbagai tingkatan), sama juga dengan semua orang yg ber-inteligen. Jadi, tidak ada orang yg tidak ber-inteligen.

Inteligen bisa dinilai melalui IQ Tes. Jika orang mempunyai IQ 130 ke atas, maka orang tersebut termasuk mempunyai Inteligen yg tinggi. Hampir sama dengan tes musikalis, yg hanya dites dari segi pendengaran saja. Jadi tidak bisa se-objektiv IQ.

Bakat musikalis adalah individual potensial: mendalami, mengerti musik dan memproduksi atau mengkomposisi musik (dengan suara sendiri atau dengan alat Instrument). Kemampuan musikalis ini didasarkan dari interaksi bawaan lahir, pengaruh lingkungan (didikan, les, pengalaman musik) dan aktivitas yg diatur sendiri (latihan).

Setiap orang mempunyai kemampuan musikalis tersebut, sama dengan manusia yg mempunyai kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, setiap orang mempunyai bakat musikalis dengan berbagai tingkatan yg berbeda.

Perkembangan bakat musikalis ini sangat tergantung dari individual potensi kita sendiri. Apakah orang tersebut tertarik dengan musik, adakah motivasi dan lingkungan budaya dan sosialnya? Semakin banyak pengaruh faktor tsb, semakin baik perkembangan musikalisnya. Dan tentu saja faktor yg paling menentukan adalah “LATIHAN”. Hasil musikalis yg sangat memuaskan tidak bisa tanpa latihan, meskipun ada bakat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: